Senin, 12 Desember 2011

Masalah karbu yamaha mio

Gejala-gejala yang
sering muncul yaitu
ketika digunakan naik
tidak kuat, dan pada
keadaan tertentu tiba-
tiba mesin drop, bahkan
ketika putaran rendah
digas besar bisa mati
total. Terkadang mesin
pada putaran tinggi
tiba-tiba seperti
kekurangan bensin. Tapi
kadang pada putaran
putaran tertentu seperti
normal tapi dengan
segera cepat kembali
bermasalah seperti
semula seperti bensin
tidak ngisi ke karbu.
Analisa.
Dari gejala-gejalanya
bisa di duga masalahnya
di pasokan bensin. Tapi
semua itu harus
dibuktikan. Hal
termudah kita cek
kondisi busi. Dari hasil
bacaan hasil
pembakaran dibusi
terlihat bahwa
masalahnya bukan pada
campuran bensinya.
Namun pasokannya
yang kurang lancar.
Ada beberapa
komponen yang perlu
dicek pada kondisi
seperti ini :
1. Klep vakum bensin
(perlu diketahui bahwa
mio menggunakan klep
vakum) jika bermasalah
akan menyebabkan
masalah semisal
berdasarkan
pengalaman
2. Jarum pelampung bensi
juga bisa dicurigai
3. Membran skep vakum
karbu
4. Spuyer karburator yang
sering kotor
5. Dan berbagai
kemungkinan yang lain
Hmm langsung
saja sebenarnya ini
analisa yang
membutuhkan dana,
tapi anda bisa langsung
mengetahuinya
langsung saja ilmu saya
bagikan.
Sebelum saya
menemukan masalah
saya lakukan beberapa
treatment :
1. Saya lakukan penyetelan
awal di 4 alokasi diatas
tapi hasilnya gak ada
perubahan
2. Mengganti klep vakum
bensin yang memang
sudah mulai rusak
(seperti yang saya
katakana tadi
memungkinkan sebegai
penyababnya). Perlu
dicatat juga harganya 73
ribu (orsi) namun
hasilnya masih nihil
3. Akhirnya dengan insting
dan pengalaman yang
saya miliki, kecurigaan
mengarah kepada
membrane skep vakum
karbu. Dan langsung
saya ganti dengan
komponen orsi harga
123ribu dan dicoba
ternyata masalah
tersebut hilang semua
tuntas.

1 komentar: