Senin, 12 Desember 2011

Setting Karbu

Tugas utama karburator adalah
mencampur Bahan Bakar (BB) +
Udara (O2). Kira-kira dengan
perbandingan range nya BB : O2 adl
1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya
biar mesin dapet suplai campuran
segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di
buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin
& linkungan mempengaruhi
settingan campuran BB:O2.
Misal:
Kompresi makin tinggi BERARTI
mesin makin panas BERARTI butuh
suplai BB lebih banyak biar mesin
gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan
makin tinggi BERARTI campuran BB
terkontaminasi air, BERARTI
campuran makin miskin, BERARTI
bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI
suhu kerja mesin turun BERARTI
bensin harus dikurangi agar suhu
kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow)
BERARTI rpm makin tinggi BERARTI
suhu mesin meningkat BERARTI
butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter
yg harus diperhatiin termasuk
desain lubang masuk pada blok yg
b’pengaruh dg settingan spuyer
sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
Satu buah main jet (tuk NSR std
ukurannya 130) yg berperan
meyalurkan BB saat bukaan gas
sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std
ukurannya 45) yg berperan
menyalurkan BB dari putaran gas 0
derajat sampe penuh, cm efek dari
pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu
signifikan pada bukaan gas penuh N
rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan
setingan termasuk :
Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka
makin banyak udara yg lewat shg
butuh spuyer lebih besar baik pilot
atau main jetnya spy campuran bisa
pas.
Trus kapan kita membesarkan ato
mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2
mesin saat kekurangan BB dan
kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin
spt kehilangan tenaga yg disebabkan
kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg
sebenernya dirasa padat cm tenaga
seperti tertahan dan kadang
dibarengi dengan suara benturan
logam kalo settingannya terlalu
basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh
BB, kl BREBET mesin kebanyakan
BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi
krn masalah pilot jet :
Motor kl pagi susah hidup krn begitu
gas dibuka ngempos terus mati ya
berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2
kehilangan tenaga saat putaran gas
N putaran rendah berarti naekin pilot
jet
Motor sering over heat saat jalan
pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi
enak di put atas berarti pilot jet
kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa
langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs
turun.
Kesimpulannya, kl ada gejala
ngempos,suhu tinggi diputaran yg
relatif rendah maka minta naek pilot
jet, N kl ada gejala brebet di put
rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Mtr dibawa kebut2an sampe putaran
atas trus begitu finish jalan pelan2
jadi ngempos dibarengi asep ngebul
BERARTI suhu saat putaran tinggi
meningkat drastis BERARTI main jet
minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu
panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal
BERARTI suhu mesin SANGAT
TINGGI saat putaran atas BERARTI
main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti
main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di
put atas berarti main jet hrs turun,
jika mtr suhunya tinggi di putaran
atas berarti main jet minta naik.
Note:
Setiap ada perubahan ukuran
spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator
suhu di dashboard tuk panduan
setting krn pasti gak sesuai, ini
butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati
dengan naekin spuyer jika
detonasinya sudah parah. Ini berarti
ada ketidaknormalan pada
komponen mesin lainnya.
By Adi_NSRClub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar