Senin, 12 Desember 2011

Mengatasi knalpot yang terdengar "menembak"

Ada
beberapa hal yang menyebabkan
timbul suara ledakan dari knalpot,"
ucap Rusiyanto dari divisi teknik PT
Yamaha Motor Kencana Indonesia
(YMKI).
Cuk atau "choke"
Jika Anda lupa menutup cuk saat
menghidupkan mesin di pagi hari,
nah, saat jalan, pembakaran yang
terjadi tidak sempurna akibat
campuran bensin yang terlalu
banyak. "Jika kondisi ini dibiarkan,
tentu akan berakibat pada usia busi.
Selain itu, busi cepat mati karena
cenderung basah oleh bensin,"
beber Abdul Rohim, mekanik dealer
Honda Wahana Makmur Sejati.
Busi
Komponen ini bisa menyulut
timbulnya suara ledakan lantaran
kondisi komponen tersebut sudah
mau mati. Biasanya, menurut Abdul
Rohim, itu terjadi karena elektroda
busi sudah terlalu basah atau
banyak kerak. Jika dipakai terus,
maka muncul gejala seperti
kerusakan di komponen suplai
udara bersih. Akibatnya, campuran
udara dan bahan bakar di ruang
bakar jadi tak sempurna.
Karburator
Sekarang ini tak sedikit motor yang
mengaplikasi karburator model
vakum atau beken disebut velocity
constanly (VC). Skep digerakkan
oleh karet yang mengandalkan
kevakuman. Makanya, jangan
biarkan karet tersebut aus. Kalau
sampai aus, maka proses
kevakuman jadi tidak sempurna. Ini
yang menyebabkan mesin brebet
saat motor dibetot.
Suplai
udara Suara ledakan bisa juga
muncul akibat ada kerusakan pada
bagian penyuplai udara bersih ke
ruang bakar. Gejalanya, suara tidak
enak timbul ketika motor
berakselerasi dan gas ditutup penuh.
Makanya, saat putaran mesin turun,
munculah suara ledakan. "Jadi,
pastikan AIS (air secondary system)
berfungsi sempurna," saran
Rustiyanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar