Senin, 12 Desember 2011

Tips service karbu

1. Membersihkan filter udara atau
penampung debu. Lepaskan filter
udara yang terpasang pada mulut
karburator, lepas busa filter lalu
bersihkan dengan cairan pembersih
lalu biarkan kering sendiri. Jangan
dibersihkan dengan cara disemprot
udara bertekanan tinggi karena
dapat menyebabkan rusaknya pori-
pori busa filter tersebut.
2. Membersihkan karburator. Buka
karburator dengan melepas baut-
baut pengikat, tutup karburator,
katup cuk (choke) dan kran bensin
dengan kunci yang sesuai agar alat-
alat tersebut tidak gampang dol.
Lepas komponen-komponen
karburator lalu tempatkan dalam
wadah yang berisi cairan
pembersih, agar mudah gunakan
saja cairannya bensin.
Lepas mangkok karburator,
pelampung dan jarum pelampung,
main jet, pilot jet dan yang lainnya.
Hati-hati terhadap parts yang kecil-
kecil dan seal atau karet pelindung.
Sebaiknya anda tempatkan dalam
wadah yang mudah terlihat agar
pada saat pemasangan tidak
bingung mencarinya.
Jika sudah terlepas semuanya maka
bersihkan karburator dengan kuas,
lalu semprot lubang-lubangnya
dengan udara bertekanan tinggi.
Gunakan amplas halus untuk
membersihkan kotoran pada
spuyer-spuyer. Jangan terlalu
banyak mengamplasnya karena
dapat menyebabkan perubahaan
ukuran diameter spuyer.
Setelah bersih, pasang kembali
spuyer-spuyer tersebut. Gunakan
obeng spuyer dan pengecangannya
jangan terlalu keras, cukup gunakan
dua jari pada ujung obeng.
3. Menyetel tinggi pelampung.
Sebelum dipasang komponen-
komponen karburator sebaiknya
anda jangan lupa untuk mengatur
tinggi pelampung bensin dengan
menggunakan jangka sorong atau
stigmat.
4. Merakit karburator. Pasanglah
kembali bagian-bagian karburator
yang tadi dilepas. Rakit karburator
dan filter udara dengan dipasangkan
kembali pada lubang mesin. Lalu
setel kondisi langsam motor pada
keadaan mesin hidup. Setel spuyer
angin-angin dengan cara memutar
searah jarum jam hingga mentok
lalu putar balik beberapa putaran
sesuai dengan standar mesin atau
kondisi mesin motor anda.
Anda juga harus menyetel baut
penyetel langsam yang terletak di
pinggir badan karburator. Setel pada
keadaan panas mesin yang ideal.
Setelan putaran mesin jangan terlalu
rendah atau pelan karena akan
membuat oli tidak dapat naik karena
tidak terpompa akibat rendahnya
putaran mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar