Senin, 12 Desember 2011

TIP PERAWATAN SEPEDA MOTOR SEHARI-HARI bagi anda (SEBELUM SERVICE RINGAN / 3000 KM)

1. Sepeda Motor Moped
(Menggunakan transmisi)
� Rantai
Selalu perhatikan kebersihan,
kekencangan (20-30 mm dari posisi
rantai paling kencang), dan
pelumasan rantai secara periodik
dilakukan setiap 500 Km (Kelihatan
mata rantai kering / berkarat)
dengan menggunakan olie sae 90
atau Chain Lubrication.
� Baterai
Periksa ketinggian air accu setiap 2
minggu (1000 Km), jangan sampai
melewati batas terendah/lower.
Penambahan bisa dilakukan dengan
menggunakan air accu / air suling
dan tidak melebihi batas atas / upper
yang tertera pada accu.
� Olie
Periksa ketinggian olie di dalam
ruang mesin dengan menggunakan
stik olie tanpa memutar ulir (drat)
stik olie. Periksa apakah ketinggian
olie sudah sesuai dengan standar
garis tanda ketinggian olie.
� Rem
Periksa nyala lampu rem, gerak
bebas pedal rem, dan tanda
ketebalan / keausan kanvas rem
� Radiator (khusus bagi Sepeda
Motor yang menggunakan
Pendingin)
Lakukan pemeriksaan ketinggian air
radiator cadangan yang terdapat
pada tangki recovery untuk sepeda
motor yang menggunakan
pendingin air, jangan sampai
mencapai batas terendah / lower.
Periksa juga sirip-sirip radiator
apakah ada yang penyok (dapat
mempengaruhi fungsi pendingin
pada radiator)
� Ban
Periksa tekanan ban setiap satu
minggu (500 Km), apakah
tekanannya sudah sesuai dengan
standarisasi. Ukuran standar untuk
tekanan Ban Depan 200 kPa (2,00
kgf/cm�, 29 psi), Sedangkan Ban
Belakang 225 kPa (2,25 kgf / cm�, 33
psi).
� Pembersihan Sepeda Motor
Pembersihan atau mencuci sepeda
motor lebih baik tidak menggunakan
air yang bertekanan terlalu tinggi.
2. Sepeda Motor Matic (Continously
Variable Transmision)
� Olie
Pelumasan pada motor jenis Matic
ada 2 macam yaitu pelumasan
mesin dan pelumasan gear box.
Gunakan pelumas standard untuk
pelumasan motor jenis Matic.
� CVT (Continously Variable
Transmission)
Ruang CVT diusahakan terhindar
dari DOA (Debu, Olie, dan Air).
Lakukan pembersihan pada filter
ruang CVT secara periodik (1000
Km) atau tergantung kondisi
lingkungan sekitar. Servis besar CVT
dilakukan pada 10.000 Km
Tips Menggunakan
Motor untuk perjalanan
jauh
Posting oleh Customer Support
Dept.
• Cek kondisi Alur & tekanan Ban
depan,belakang
Periksa kondisi ketebalan alur ban
dan tekanan ban depan, belakang
sesuai dengan standard yang telah
ditentukan. Hal ini perlu dilakukan
untuk menjaga keselamatan dan
kenyamanan anda diperjalanan
mudik anda yang berkelok-kelok
dan penuh rintangan.
• Cek Fungsi Rem depan belakang
Pastikan Rem anda berfungsi
dengan sewajarnya. Pastikan tidak
terlalu pakem dan tidk terlalu
longgar supaya perjalanan anda
lebih aman dan nyaman.
• Cek Fungsi Lampu & Signal
( lampu Sign,lampu rem,indikator
bensin,oli )
Pastikan seluruh fungsi lampu pada
kendaraan Mudik anda berfungsi
dengan normal. Hal ini sangat
diperlukan untuk memberikan
penerangan dan sinyal kepada
pengguna jalan lainnya pada
perjalanan anda di malam harinya.
Jikalau ada sedikit kendala atau
masalah pada motor anda yang
menurut anda tidak wajar, segera
ganti lampu sebelum melakukan
perjalanan jauh anda.
• Cek kelengkapan sepeda motor
( Spion ,Tool kit )
Kelengkapan sepeda motor
merupakan kelengkapan yang
penting, dimana ada beberapa
orang yang mengabaikan
kelengkapan tersebut. Periksa
kelengkapan sepeda motor ini,
sangat perlu untuk diperhatikan
untuk membantu anda
menyelesaikan permasalahan ringan
pada motor anda.
• Cek sistem kemudi & suspensi
depan belekang
Sistem kemudi dan suspensi motor
merupakan faktor yang sangatlah
vital. Dimana motor yang pernah
mengalami benturan keras pada
kemudi nya ini akan rawan
mengalami ketidaksentralan pada
sistem kemudi yang akan berakibat
pada ketidakstabilan pada
penggunaan kendaraan bermotor.
• Cek kelayakan sproket ( gear )
depan,belakang & rantai.
Hal ini berkaitan dengan kelancaran
perputaran roda pada motor anda.
Pastikan Rantai anda tidak putus
ditengah jalan ataupun Sproket
motor anda tidak gundul.
• Periksa kondisi Battery ( Accu )
Baterry merupakan komponen
kelistrikan yang paling vital. Apabila
kekurangan daya pada battery akan
menyebabkan melemahnya fungsi
pada klakson motor anda dan pada
fungsi Stator dan penerangan pada
motor anda. Apabila terjadi
kekurangan daya pada baterry
motor anda, segera lakukan
pengisian kembali baterry anda
supaya prima menemani perjalanan
jauh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar