Senin, 12 Desember 2011

mesin berbunyi kasar

PROBLEM MESIN BERBUNYI
TIDAK NORMAL, BRISIK, ATAU
KASAR
ANALISA | FAKTOR PENYEBAB
DAN KEMUNGKINAN SOLUSI | TINDAKAN
ALIRAN BAHANBAKAR [tidak ada]
PELUMASAN [tidakada]
KELISTRIKAN [tidak ada]
PERMESINAN [ada] bunyi
disebabkan oleh:
KATUP | KLEP (KLEP, VALVE)
DAN POROS-UNGKIT | NOS-AS
(NOKENSCHACHT, CAMSHAFT)
1 celah | kerenggangan katup tidak
pas | terlalu renggang
stel
2 katup aus ganti
3 pegas | per katup lemah atau patah ganti
4 lengan ayun (rocker arm) aus ganti
5 poros ungkit | nok as
(nokenschacht, camshaft) aus ganti
SILINDER DAN TORAK (ZUIGER,
PISTON)
1 kamar bakar banyak endapan arang
| karbon sisa pembakaran tak
sempurna
bersihkan
2 piston atau silinder aus ganti
3 pin piston atau lubang pin piston
aus ganti
4 cicncin (ring) piston atau alur cincin
piston aus ganti
POROS-ENGKOL | KRUK-AS
(KRUKSCHACHT | CRANKSHAFT)
1 lager | bearing aus ganti
2 lager | bearing pin poros engkol aus ganti
3 celah | kerenggangan dorongan
lager (bearing thrust) terlalu besar ganti
4 poros-engkol | kruk-as
(krukschacht, crankshaft) aus ganti
PERSNELING (VERSENELING,
TRANSMISSION)
1 gigi (gear) aus ganti
2 parit gigi aus ganti
3 gigi primer aus atau rusak ganti
4 lager | bearing aus ganti
KOPLING (CLUTH)
1 parit poros-pencacah (countershaft)
aus
ganti
2 gigi pelat kopling aus ganti
3 pelat kopling bengkok ganti
4 pegas | per kopling lemah ganti
RANTAI KETENG | PEWAKTUAN
(TIMING CHAIN)
DAN RANTAI SPROKET | RODA
(SPROCKET CHAIN)
1 rantai keteng | rantai pewaktuan
(timing chain) melar
ganti
2 rantai sproket | rantai roda melar ganti
3 mata | gigi rantai sproket aus ganti
4 penyetel tegangan rantai sproket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar